August 27

Cara Pencarian yang Efektif di Web dan Netiquette

Cara Melakukan Pencarian yang Efektif di Web

 Google

Definisikan file/informasi yang anda cari

Saat menggunakan search engine , ada baiknya kita mengetahui ketentuan yang ada pada search engine yang kita gunakan. Misalnya saat mencari file gambar menggunakan Mozilla maka kita dapat menggunakan menu options image yang akan menampilkan file berupa gambar saja.

Menggunakan operator logika dalam pencarian

Kita juga dapat menggunakan operator + saat melakukan pencarian informasi. misalnya ingin mencari informasi tentang Suku Dayak maka kita dapat menuliskannya sebagai berikut: “Suku + Dayak”.

Contoh :

  • Misalnya mencari file bertipe Pdf
  • Misalnya, kata kunci yang kita gunakan ” Organisasi Komputer “
  • Maka cara termudah dalam mengetikkan kata kunci adalah = ” Organisasi Komputer ” Pdf. Tanda + dapat berarti kata “Dan”

Gunakan kata kunci yang lebih bervariasi

Jika Anda belum menemukan informasi yang ingin Anda dapatkan meski telah menggunakan kata kunci yang lebih spesiifk, mencoba dengan kata kunci yang lebih bervariasi tentu merupakan langkah yang patut untuk dicoba. Bagaimanapun seluruh informasi di internet pada dasarnya berasal dari manusia yang tentu saja diungkapkan dalam beragam cara dan bahasa. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda menggunakan kata kunci yang lebih bervariasi dalam mencari informasi dari internet. Sebagai contoh ketika Anda mengetikkan kata “LTE concept” dan tidak mendapatkan informasi yang memuaskan, maka mencoba mencari dengan kata kunci “LTE tutorial” tentu bisa Anda lakukan sebagai sebuah alternatif.

Gunakan kalimat tanya

Selain mencari informasi dengan menggunakan kata kunci, mencari tahu dengan menggunakan kalimat tanya juga dapat Anda pakai sebagai alternatif. Sebagai contoh ketika Anda ingin menemukan informasi soal DLNA, Anda dapat menggunakan kalimat tanya “apa itu DLNA?”.Hasilnya dengan memakai kalimat tanya seperti iniselain lebih relevan, pertanyaan anda juga dapat langsung terjawab.

Informasi di internet itu bukan hanya website (file html)
Informasi di internet bukan hanya website ada beragam file semacam pdf, doc(ms word) bahkan flv (file video seperti di youtube). Caranya tinggal tambahkan kode filetype:”tipe “. Misalnya ingin mencari soal psikotes dalam bentuk file pdf, Ya tinggal ketikkan saja “soal psikotes” filetype:pdf. Untuk melihat apa saja kode file yang didukung google bisa dilihat di google advanced.

Pakai kutipan dalam kata yang dicari

Menggunakan kutipan di antara kata-kata yang dicari dapat memberikan hasil pencarian yang lebih terarah dan spesifik. Kalau kamu menggunakan kutipan dalam kata yang kamu cari, maka hasil pencarian yang keluar adalah kata yang sama persis dan dalam urutan yang sama, tidak terpisah-pisah. Misalnya, kamu ingin mencari informasi tentang band Efek Rumah Kaca, kamu bisa menyertai kutipan seperti ini “Band Efek Rumah Kaca” untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik terhadap band.

Mengecualikan kata pakai tanda minus (-)

Tanda – berarti kata “kecuali”. Saat melakukan pencarian, kamu juga bisa memasukkan kata atau frase yang tidak diinginkan untuk muncul di hasil pencarian. Untuk melakukan ini, tinggal tambahkan simbol minus (-) sebelum kata yang dikecualikan tersebut. Misalnya, kamu ingin mencari hewan jaguar dan untuk menghindari hasil pencarian malah tertuju ke mobil merek Jaguar, maka kamu bisa mengetik seperti ini “jaguar -car”.

Tanda bintang dalam kutipan untuk kata-kata yang bervariasi

Cara ini dapat digunakan untuk menghasilkan pencarian yang lebih beragam dari berbagai makna kata yang diketikkan dalam kotak pencari. Cara ini sangat berguna untuk mencari sebuah lagu hanya berdasarkan liriknya yang sepotong-potong. Untuk melakukannya, masukkan tanda bintang (*) ke dalam kutipan yang berisi frase yang ingin dicari. Misalnya seperti ini, “Imagine all the * living for today”, atau mencari semua bentuk ungkapan yang kurang lengkap, seperti “* rusak susu sebelanga”.

Tanda “@” untuk media sosial

Media sosial saat ini sulit dilepaskan dari kehidupan masyarakat di dunia maya. Banyak masyarakat yang mencari akun media sosial temannya atau tokoh-tokoh terkenal. Mudahnya, sertakan tanda @ di awal kata pencarian media sosial yang diinginkan. Penulisannya contohnya seperti ini, “@Barack Obama”. Maka, hasil pencarian yang keluar paling atas adalah akun media sosial milik Obama.

Pakai “OR” untuk kombinasi pencarian

“OR” dalam bahasa Indonesia berarti “atau”, dan kata ini bisa digunakan untuk mengombinasikan pencarian yang diinginkan dari dua kata. Caranya adalah memasukkan kata “OR” dalam huruf kapital di tengah-tengah kata yang dicari, contohnya “Alien OR Predator”. Hasil pencarian kemudian akan mengeluarkan penjelasan masing-masing dari Alien dan Predator, bukan dalam satu pencarian yang sama.

Cari situs spesifik dengan menambah kata kunci, “site:”

Masukkan kata kunci yang dicari, kemudian tambahkan “site:” setelahnya. Untuk jelasnya begini contoh pencariannya. Misalnya kamu ingin mencari konten PlayStation 4 di dalam situs kumparan (kumparan.com), kamu bisa ketikkan ini di dalam kolom pencarian, “PlayStation 4 site:kumparan.com”.

Cari situs yang berkaitan pakai “related:”

Cara berikut ini bisa digunakan untuk mencari referensi yang lebih banyak atau situs-situs yang memiliki keterkaitan satu sama lain, bisa bergerak di bidang yang sama atau industri yang sama. Untuk melakukan ini, cukup menambahkan “related:” di depan kata kunci yang dicari tanpa pakai spasi. Contohnya kamu ingin mencari situs-situs yang berkaitan dengan media kumparan, kamu bisa mengetikkan “related:kumparan.com”.

Etika Berinternet (Nettique)

NETIQUETTE

Internet sebagai media interaktif memberikan kita kemudahan yang sangat besar, tidak perlu lagi kita menghabiskan banyak waktu dan uang untuk melakukan interaksi dengan orang lain. Bahkan dengan internet kita langsung bisa interaksi dengan berbagai orang sekaligus walau kita belum kenal secara visual dan bisa berasal dari mana saja di bumi ini.

Tapi juga internet memiliki banyak kelemahan, dalam interaktif perlu membangun suasana yang nyaman bagi lawan interaktif kita. Salah satu kelemahan internet sebagai media interaktif yaitu:

  1. Kita tidak tahu kondisi emosi lawan interaktif.
  2. Kita tidak tahu karakter lawan interaktif.
  3. Kita bisa dengan tidak sengaja menyinggung perasaan seseorang.

Istilah yang dikenal sebagai ‘netiket’ atau nettiquette. Netiket adalah etika dalam berkomunikasi dalam dunia maya, di bawah ini khusus untuk berkomunikasi dalam sebuah forum/milis:

Jangan gunakan huruf kapital

Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan tatkala Anda dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan? Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf.

Kutip seperlunya

Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum menjadi terganggu

Perlakuan terhadap pesan pribadi

Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message), Anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum.

Hati-hati terhadap informasi/ berita hoax
Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.

Ketika ‘harus’ menyimpang dari topik (out of topic/ OOT)
Ketika Anda ingin menyampaikan hal yang diluar topik (OOT) berilah keterangan, supaya subject dari diskusi tidak rancu.

Hindari personal attack
Ketika anda tengah dalam situasi debat yang sengit, jangan sekali-kali Anda menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal pengetahuan anda. Lawan argumentasi hanya dengan data/fakta saja, sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat, jangan sekali-kali menggunakan kepribadian lawan diskusi sebagai senjata sekalipun ia adalah orang yang Anda benci. Budayakan sikap Diskusi yang sehat, bukan debat kusir.

Kritik dan saran yang bersifat pribadi harus lewat PM (Personal Message)
Jangan mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri. Kritik dan saran yang diberikan pun harus bersifat konstruktif, bukan destruktif. Beda bila kritik dan saran itu ditujukan untuk anggota forum secara umum atau pihak moderator dalam rangka perbaikan sistem forum, Anda boleh mempostingnya di dalam forum selama tidak menunjuk orang per orang tertentu.

Dilarang menghina agama
Ada beberapa forum dalam Situs ini yang memungkinkan terjadinya debat antar agama, atau debat antara Kristiani sendiri yang berlainan denominasinya. Untuk itu diharapkan agar masing-masing netter tidak menghina nama Tuhan, nama nabi, Kitab Suci, Denominasi dst. untuk membenarkan keyakinannya sendiri.

Cara bertanya yang baik

  1. Gunakan bahasa yang sopan.
  2. Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.
  3. Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
  4. Tulis pertanyaan anda dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
  5. Buat kesimpulan.

 

 

Sumber :

https://nopiatriananda.wordpress.com/2012/07/05/etika-berinternet-nettique/

http://www.transiskom.com/2015/07/tips-trik-pencarian-di-google-yang.html

https://hendricksugiharto.wordpress.com/2011/02/27/mencari-informasi-secara-efektif-di-internet/

http://yulianus-putra.blogspot.com/2012/02/cara-efektif-mencari-informasi-pada-web.html

https://kumparan.com/@kumparantech/7-cara-agar-pencarian-di-google-lebih-efektif

https://www.lessonplansdigger.com/2015/07/10/5-minute-speaking-activity-netiquette/

August 27

IP Address dan Nama Domain

Pengertian Domain

IP Address (internet protocol address) merupakan deretan angka biner antara 32 bit sampai dengan 128 bit yang digunakan sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet. Angka 32 bit digunakan untuk alamat IP Address versi IPv4 dan angka 128 bit digunakan untuk IP Address versi IPv6 untuk menunjukkan alamat dari komputer pada jaringan internet berbasis TCP/IP.

IP Address tersebut memiliki identitas numerik yang akan dilabelkan kepada suatu device seperti komputer, router atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protocol sebagai sarana komunikasi.

Nama domain adalah alamat dari sebuah website. Nama domain inilah yang akan digunakan oleh orang-orang untuk dapat mengunjungi website Anda, misalnya Facebook.com, Google.com, BelajarBisnisInternet.com, Wikipedia.org.

Hubungan IP Address dan Nama Domain

Domain names system

Sebenarnya domain ini adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat IP dari sebuah server komputer. Alamat IP sendiri merupakan sebuah susunan angka yang terdiri dari beberapa digit angka, misalnya alamat IP 66.220.156.68 adalah alamat dari server komputer Facebook.com.

Anda bisa coba ketik 66.220.156.68 pada Address Bar di browser Anda, maka Anda pun akan masuk ke halaman Facebook.com. Seandainya tidak ada nama domain, maka berapa banyak angka dari alamat IP yang harus Anda ingat hanya untuk sekedar membuka website-website yang sering Anda akses.

Jadi fungsi dari nama domain adalah untuk mempermudah pengunjung dalam mengakses dan mengingat alamat website Anda. Selain itu, apabila sewaktu-waktu Anda harus mengubah alamat IP website Anda untuk keperluan tertentu (misalnya pindah server komputer), maka Anda tidak perlu susah-susah memberitahu ke pengunjung alamat IP baru Anda, karena yang mereka perlukan hanyalah sebuah nama domain untuk bisa akses ke website Anda.

Tujuan IP Address

Sebagai identitas perangkat yang mengakses jaringan

Secara sederhana IP Address berfungsi sebagai identitas perangkat yang mengakses jaringan, sama halnya dengan nomor telepon, didunia ini tidak boleh ada nomor telepon yang sama, kenapa? Karena nomor telepon merepresentasikan atau mewakili perangkat telepon yang digunakan serta orang yang menggunakannya.

Misalnya saja nomor telepon teman Anda (sebut saja namanya Mawar) adalah 081234567890 (hanya contoh), saat Anda ingin mengirim pesan singkat (SMS, WhatsApp) atau menelepon Mawar, maka Anda akan menghubungi nomor tersebut, begitupun sebaliknya saat Anda menerima pesan singkat (SMS) atau telepon dari nomor tersebut, maka Anda akan tahu bahwa itu adalah teman Anda (Mawar). Begitupun dengan IP Address, tidak boleh ada IP Address yang sama dalam jaringan yang sama.

Mengidentifikasi skala jaringan yang digunakan

Penggunaan IP Address tidak sembarangan, bentuk IP Address versi 4 (IPv4) maksimal terdiri dari 12 digit dengan pemisah titik setiap 3 digit (contoh 180.235.148.14) atau hanya 6 digit (contohnya 127.0.0.1), dengan melihat IP Address sebenarnya kita dapat mengetahui seberapa besar jaringan tersebut berdasarkan alokasi IP Address yang tersedia, misalnya dengan melihat IP Address 192.168.1.100, kita akan tahu bahwa jaringan tersebut berskala kecil, hanya maksimal 254 host yang terhubung ke jaringan.

Dapat digunakan untuk melacak keberadaan perangkat yang mengakses jaringan

Trik sederhana untuk mengujinya adalah dengan mengetik keyword “where is my ip” pada mesin pencari (misalnya Google), pada hasil pencarian teratas akan muncul IP Address dari perangkat yang kita gunakan (misalnya Saya menggunakan laptop dengan mengakses jaringan wireless yang bersifat public) kemudian copy IP Address tersebut lalu buka situs iplocation.net 10 (situsiplocation.net 10 juga biasanya muncul pada hasil pencarian Google), paste IP Address yang tadi di-copy dari hasil pencarian Google pada kolom yang tersedia kemudian tekan Enter atau klik IP Lookup, hasil pencarian cukup lengkap. Kita dapat mengetahui Negara, Provinsi, hingga Kota asal IP Address tersebut, bahkan kita dapat mengetahui Internet Service Provider (ISP) yang digunakan oleh IP Address tersebut. Beberapa IP Address terdaftar pada suatu organisasi sehingga akn muncul pada hasil pencarian, juga latitude dan longitude. Sebagai jejak pengguna internet

Sebagai jejak pengguna internet

Satu lagi fungsi dari IP Address, poin ini hendaknya jadi perhatian kita untuk berhati-hati dalam melakukan segala perbuatan di dunia maya (internet), beberapa kasus seperti penyebar konten yang bersifat asusila, provokatif, penghinaan dan lain sebagainya dapat dilacak (oleh ahli dibidangnya) melalui salah satunya IP Address.

Hal tersebut juga digunakan oleh beberapa website untuk merekam pengunjung website tersebut, sehingga admin web tersebut dapat mengetahui berapa banyak pengunjung website per-periode tertentu, dan dari negara mana saja (atau dari provinsi/kota mana saja) pengunjung tersebut dominan.

Sumber :

https://www.lifewire.com/what-is-an-ip-address-2625920

https://www.suherlin.com/nama-domain-dan-cara-mendapatkannya/

https://www.dictio.id/t/apa-fungsi-dari-alamat-ip/13875/2

http://technopark.surakarta.go.id/id/media-publik/komputer-teknologi-informasi/191-ip-address-fungsi-dan-kelas-ip

https://belajarbisnisinternet.com/pengertian-domain-hosting-serta-hubungan-antara-keduanya/

 

August 27

Internet Broadband

Broadband

Saat ini, broadband adalah istilah umum yang digunakan untuk berbagai jenis koneksi internet broadband. Apa yang dimaksud dengan Broadband Internet Connection Broadband dalam arti harfiah, berarti berbagai frekuensi yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Sebelumnya, mengakses internet adalah proses yang sangat lambat karena koneksi dial-up.

Dial-up connection merupakan cara yang murah mengakses internet, karena biaya adalah sama dengan panggilan telepon lokal. Rencana bulanan sebuah koneksi dial-up juga mirip dengan yang telepon. Namun, kecepatan koneksi dial-up terlalu lamban dan telepon tetap sibuk saat mengakses internet. Faktor-faktor ini telah membuat koneksi internet broadband metode yang disukai untuk akses internet. Istilah broadband dalam koneksi internet broadband mengacu pada bandwidth dari koneksi internet.

Definisi teknis bandwidth menyatakan bahwa, itu adalah rentang frekuensi. Istilah bandwidth umumnya digunakan untuk merujuk pada kecepatan transfer data, dalam hal jaringan komputer dan koneksi internet. Kecepatan transfer data yang biasanya diukur dalam bit per detik (bps). Dalam koneksi internet broadband, kecepatan transfer yang sangat tinggi dibandingkan dengan dial-up koneksi internet. Ada berbagai jenis koneksi internet broadband, tergantung pada biaya, kecepatan dan ketersediaan.

Jenis Jenis Koneksi Broadband

Teknologi DSL (Digital Subscriber Line)

DSL

DSL merupakan kumpulan teknologi-teknologi yang memanfaatkan bandwidth yang tidak digunakan pada jaringan telepon tembaga biasa yang telah lama ada untuk menghantarkan data digital berkecepatan tinggi. Koneksi DSL sangat mudah digunakan seperti halnya koneksi dial-up biasa. Namun, sifat dan kecepatannya seperti halnya koneksi leased line yang dapat selalu aktif selama koneksi ke sentral terminasi DSL masih aktif.

Teknologi DSL dapat tersedia berkat adanya sebuah perangkat bernama DSLAM (DSL Access Multiplexer). Perangkat inilah yang membuat media koneksi berjalan menggunakan teknologi DSL dan menjadi pusat terminasi. DSL biasanya menggunakan sinyal frekuensi dengan range yang cukup tinggi, yaitu hingga 1 MHz. Masing-masing tipe DSL berbeda-beda dalam hal penggunaan frekuensi. Sebagai contoh teknologi ADSL menggunakan frekuensi 20 KHz sampai 1 MHz.

Dengan bekerja pada frekuensi ini, ADSL tidak akan mengganggu sinyal suara yang juga dibawa dalam media ini. Jadi, pengguna masih tetap dapat melakukan peneleponan sementara koneksi Internet juga tetap berjalan. Lain halnya dengan DSL jenis Single-line
DSL yang menggunakan frekuensi yang sama dengan sinyal suara. Dengan spesifikasi ini, maka pelanggan DSL jenis ini tidak akan dapat melakukan peneleponan ketika ber-Internet.

Namun, teknologi DSL juga bukan tanpa kekurangan. Kekurangan pertama, teknologi DSL pada keadaan normal memiliki area coverage maksimal sebesar 5,5 km saja. Dengan adanya batasan ini, masih banyak area yang belum bisa dijangkau. Selain itu, tidak semua kantor sentral otomat (STO) dibuat untuk mendukung teknologi DSL, sehingga area-area tertentu belum bisa menikmatinya sampai terpasangnya perangkat DSLAM di STO tersebut.

Teknologi DSL memang berkembang cukup cepat. Dari perkembanganya itu, teknologi DSL terbagi-bagi menjadi lebih dari satu tipe. Semua tipe tersebut memiliki ciri khas dan keunggulannya masing-masing. Berikut ini adalah tipe-tipe koneksi broadband mengadopsi teknologi DSL yang umum digunakan saat ini :

Asymmetric DSL (ADSL)

Yang dimaksud dengan kata Asymmetric DSL adalah teknologi ini memberikan kecepatan transfer data yang berbeda antara proses pengiriman data (upload) dan penerimaan data (download). Karena ketidaksamaan inilah, maka diberikan istilah Asymmetric untuk teknologi ini. Biasanya kecepatan downloading data akan lebih besar daripada uploading, mengingat lalu-lintas data Internet khususnya untuk level pengguna akhir lebih banyak men-download. Tipe DSL seperti ini memang sengaja diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna level perumahan, di mana traffic menerima data lebih besar daripada melakukan pengiriman. Kondisi seperti ini sangat cocok untuk aplikasiaplikasi level pengguna akhir seperti misalnya melakukan download musik dan film, surfing, online games, menerima e-mail, dan banyak lagi. ADSL menyediakan koneksi upstream yang relative lambat karena biasanya koneksi ini hanya digunakan untuk melakukan permintaan data ke Internet. Dengan adanya spesifikasi seperti ini, harga servis ADSL bisa ditekan semurah mungkin sehingga terjangkau oleh pengguna rumahan.

Symmetric DSL (SDSL)

Kebalikan dari Asymmetric, Symmetric DSL merupakan koneksi yang memiliki spesifikasi jalur upload dan download yang sama persis keduanya. Jaringan dengan spesifikasi seperti ini sangat cocok digunakan untuk keperluan aplikasi komersial, di mana pengguna akhir juga memiliki kemampuan untuk mengirim data dalam jumlah besar ke Internet. SDSL sangat cocok digunakan untuk aplikasi seperti pengiriman e-mail besarbesaran dengan attachment yang besar, melakukan upload informasi ke Internet, membuat web server, FTP server, dan banyak lagi. Biasanya servis jenis ini harganya lebih mahal daripada ADSL dan sangat cocok untuk keperluan perusahaan.

G.SHDSL

Teknologi DSL yang satu ini dapat melayani penggunanya dengan fitur multi-rate (kecepatan yang dapat berbeda-beda), multi-service, dengan jarak jangkauan yang lebih panjang dari teknologi DSL yang lainnya, dan dapat dikuatkan sinyalnya sehingga dapat berjalan sangat jauh. G.SHDSL ini dapat memberikan penggunanya kecepatan transfer mulai dari 192 Kbps sampai dengan 2,3 Mbps. Teknologi ini diklaim dapat memberikan jarak jangkauan 30 persen lebih besar daripada teknologi DSL lainnya yang ada saat ini. Teknologi ini diharapkan nantinya dapat menggantikan implementasi dari SDSL yang ada saat ini.

Integrated Service Digital Network DSL (IDSL)

Dari namanya saja, mungkin Anda sudah dapat menduga bahwa teknologi DSL yang satu ini merupakan perpaduan fitur antara teknologi ISDN dengan DSL. Seperti halnya ISDN, IDSL menggunakan satu pair kabel untuk mentransmisikan data secara full duplex dengan kecepatan hingga 144 Kbps. IDSL pada dasarnya adalah sebuah line ISDN BRI yang digunakan sebagai jalur leased line, dengan kata lain jalur ISDN BRI yang tidak perlu di-switch penggunaannya. Jalur IDSL ini tidak memiliki channel signaling seperti ISDN yang sesungguhnya. Jalur ini dapat dikonfigurasi dengan kecepatan 64 Kbps, 128 Kbps, atau 144 Kbps.

IDSL hanya digunakan untuk membawa komunikasi data saja, tidak seperti ISDN yang juga bisa digunakan untuk suara. IDSL sangat ideal untuk digunakan di kantor-kantor cabang karena sinyalnya bisa dikuatkan persis seperti ISDN. Sistem billing-nya juga tidak seperti ISDN karena IDSL biasanya dibanderol dengan harga tetap (Flat price).

Very-high-data-rate DSL (VDSL)

Image

VDSL dapat menghantarkan data penggunanya mulai dari 13 Mbps sampai dengan 52 Mbps downstream dan 1,5 hingga 2,3 Mbps upstream hanya dengan menggunakan satu pasang kabel tembaga twisted. Jarak jangkauan dari teknologi inilah yang menjadi kelemahannya, karena jarak maksimalnya hanya sejauh 1,3 km saja.

High-data-rate DSL (HDSL)

http://www.networxsecurity.org/fileadmin/user_upload/images/2015-08/HDSL.png

Teknologi HDSL memiliki kecepatan transfer data yang sama dengan jaringan E1 saat ini. Maka dari itu, HDSL memang telah banyak digunkan oleh penyedia jasa jaringan untuk menggantikan jalur-alur E1 mereka yang relatif lebih mahal biaya penyediaannya. HDSL dapat beroperasi melayani penggunanya dalam jarak 3,6 km saja. Namun, repeater atau penguat dapat Anda pasang untuk memperpanjang jangkauannya.

Teknologi Cable

Broadband+2

Cikal bakal teknologi Internet Cable sebenarnya dimulai dari pemenuhan kebutuhan konsumen akan siaran televisi yang berkualitas. Asal usul kata Cable sendiri pun berasal dari kata Community Antenna Television (CATV) yang kemudian lebih banyak disebut orang sebagai Cable TV. Untuk memastikan perangkat TV biasa dapat digunakan untuk Cable TV, teknologi ini memindahkan sinyal-sinyal radio yang biasa di broadcast di udara menjadi berbentuk sinyal-sinyal yang dapat dilewatkan didalam bungkusan kabel Coaxial.

Dengan semakin meluasnya penggunaan Cable TV ini serta kebutuhan Internet yang semakin booming, maka dimanfaatkanlah infrastruktur Cable TV ini untuk melewatkan data. Bahkan di beberapa negara juga melewatkan sinyal-sinyal telepon. Dengan demikian, para penyedia jasa jaringan Cable bias mengeruk profit lebih banyak dari infrastruktur yang telah mereka buat dengan biaya yang cukup mahal.

Teknologi Cable yang melewatkan koneksi Internet dapat memungkinkan penggunanya melakukan koneksi VPN ke kantor pusat secara non-stop, sehingga pengguna bagaikan memiliki jalur pribadi sendiri dengan koneksi yang tanpa henti.

Kecepatan transfer teknologi cable yang relatif tinggi dipadukan dengan harga yang tidak terlalu mahal memungkinkan pengguna yang berkantor di rumah dapat menikmati Internet cepat juga. Teknologi TV Cable plus Internet dapat menciptakan servis baru, yaitu TV Interaktif.
Penyedia jasa Cable dapat membuat servis VOIP melalui infrastrukturnya tersebut, sehingga pengguna bisa menikmati juga telepon ekonomis dari media kabel yang sama, tidak perlu berlangganan media lain lagi.

Kata “Cable” sebenarnya juga merujuk kepada media pembawanya yang berjenis kabel coaxial. Dalam membuat bentangan Cable yang sangat jauh jaraknya, biasanya digunakan amplifier atau penguat sinyal untuk tetap menjaga keutuhan sinyal selama di perjalanan. Amplifier akan dipasang pada bentangan kabel coaxial kurang lebih setiap jarak 610 meter. Sinyal yang dikuatkan adalah sinyal frekuensi 50 sampai 860 MHz. Lebar frekuensi ini digunakan untuk sinyal TV analog, TV digital dan layanan komunikasi data.

Dengan hitungan ini, maka setiap 30 kilometer area coverage, kabel Coaxial membutuhkan penguat sebanyak kurang lebih 50 buah amplifier sepanjang jalan. Tentunya arsitektur seperti ini akan cukup merepotkan para administratornya dalam me-maintain-nya. Akan banyak sekali problem dan kendala dalam menggunakan sistem ini. Maka dari itu, saat ini arsitektur jaringan Cable tidak lagi dibuat menggunakan murni media Coaxial, namun dibuat juga menggunakan bentangan media fiber optik.

Fiber Optic Broadband Internet Connection

Teknologi serat optik adalah teknologi yang relatif baru yang mengubah sinyal listrik ke sinyal cahaya. Sinyal ini ditransfer melalui kabel fiber optik. Ini adalah bentuk yang dapat diandalkan koneksi internet, tetapi dapat biaya perumahan penghalang bagi konsumen. Hari ini, berbagai bentuk Internet broadband menyediakan cakupan dan mobilitas terbatas pilihan. Teknologi ini berkembang dengan cepat untuk memenuhi persyaratan kecepatan dan kualitas layanan.

Media fiber optik digunakan dengan tujuan untuk akan meniadakan amplifier sinyal, membawa siyal dengan lebih bersih, kecepatan transfer yang lebih tinggi dan dengan jarak yang lebih jauh dibandingkan kabel coaxial biasa. Dengan adanya semua kelebihan ini, kendala dan problem yang ada di jaringan Cable dapat jauh berkurang sehingga pelanggan lebih nyaman dalam menonton TV maupun ber-Internet.

Namun, media fiber optik tidak ditarik sampai ke lokasi pelanggan, karena media ini hanya bertugas sebagai backbone link saja. Untuk mendistribusikan informasi sampai ke pengguna, arsitektur jaringan Cable pada umumnya masih mempercayakan media Coaxial. Jadi, arsitektur jaringan seperti ini yang merupakan perpaduan Fiber dan Coaxial dinamai dengan istilah Hybrid Fiber Coax (HFC).

Wireless Broadband Internet Connection

Koneksi internet nirkabel adalah kneksi yang kita butuhkan sekarang ini  laptop, palmtop dan ponsel, semua memiliki koneksi internet nirkabel. Kecepatan proses download yang disediakan oleh jenis teknologi akses Internet broadband berkisar dari 128 kbps sampai 2 Mbps. Teknologi ini berkembang karena meningkatnya penggunaan perangkat nirkabel seperti ponsel dan laptop.

Cable Broadband Internet Connection

Internet dapat diakses melalui sambungan TV kabel. TV kabel digunakan oleh hampir semua orang dan sekarang koneksi internet juga dibuat tersedia bersama-sama dengan saluran TV kabel. Kabel koneksi internet broadband menyediakan kecepatan mulai dari 2 Mbps hingga 8 Mbps. Sambungan secara luas digunakan di wilayah pemukiman. Hal ini lebih populer dibandingkan dengan koneksi internet ADSL, meskipun kecepatan download dan upload dari kedua jenis sambungan internet broadband yang sama

Satellite Broadband Internet Connection

Semua bentuk koneksi internet broadband yang dijelaskan di atas memiliki keterbatasan daerah, yaitu daerah yang yang  kemungkinan menghalangi pancaran sinyal dari  menara seperti pada daerah perkotaan atau pegunungan.
Satelit koneksi internet broadband adalah solusi untuk masalah ini. Dalam jenis koneksi internet, yang geostasioner satelit menyediakan akses internet. Memerlukan parabola dan perangkat keras pendukung lainnya yang diperlukan untuk menerima sinyal. Kecepatan yang ditawarkan oleh koneksi internet satelit adalah 2 Mbps untuk download dan 1 Mbps untuk upload. Kecepatan ini lebih sedikit dibandingkan dengan jenis koneksi internet broadband dan cuaca mempengaruhi sinyal untuk sebagian besar.

 

Sumber :

https://enengnurul.wordpress.com/2009/07/17/pengenalan-internet-broadband-dan-jenis-jenis-koneksi-yang-ada/

http://marentina9.blogspot.com/2017/03/koneksi-internet-broadband.html

https://www.sistem-internet.com/2016/11/mengenal-jenis-jenis-koneksi-internet.html

https://www.cityofgolden.net/live/get-involved/broadband-internet-in-golden/

https://idwebhost.com/blog/redaksi/berapa-kecepatan-internet-yang-proporsional-untuk-anda-ini-penjelasannya/

https://www.temukanpengertian.com/2013/06/pengertian-dsl.html

http://raheel-mydreamz.blogspot.com/2012/04/what-is-idsl.html

http://www.networxsecurity.org/members-area/glossary/h/hdsl.html

https://kb.netgear.com/30296/What-is-VDSL-Bonding

 

 

 

August 27

Sejarah Internet

Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia

Berbicara mengenai internet, saat ini hampir semua orang yang tinggal di Indonesia dan Dunia telah mengenal internet. Bahkan anak-anak SD sudah mulai bisa berselancar dengan baik di dunia maya melalui gadget yang mereka miliki.

Sehingga bisa dibilang masyarakat modern saat ini sangat bergantung terhadap keberadaan internet. Karena mereka semua telah merasakan berbagai kemudahan dan keuntungan-keuntungan dari pemanfaatan internet. Salah satunya kita bisa mempelajari cara mendapatkan uang seperti dengan membuat website. Namun masih sedikit orang yang mengetahui bagaimana sejarah internet  sehingga bisa menjadi seperti sekarang ini.

Sejarah Internet Dunia

sejarah internet dunia

Sejarah internet dimulai pada 1969. Saat itu, Departemen Pertahanan Amerika, U.S. DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency), memutuskan untuk mengadakan riset penelitian tentang cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.

Program riset ini dikenal dengan nama Apranet. Pada 1970, sudah lebih dari sepuluh komputer yang berhasil dihubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lainnya. Keberhasilan menyambungkan antar komputer ini yang kemudian bisa membuat mereka berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Pada awal ditemukannya internet, mereka mendemonstrasikannya menggunakan software dan hardware berbaris UNIX, yang merupakan cikal bakal terciptanya Linux.

Tujuan awal diciptakan internet oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departement of Defense) merupakan proyek militer untuk membuat sistem jaringan komputer yang terletak pada daerah-daerah vital untuk menanggulangi kalau sewaktu-waktu terjadi serangan nuklir, dan untuk mengantisipasi kendala informasi yang terpusat.

Tujuannya adalah jika sewaktu-waktu terjadi perang, tentara militer Amerika bisa langsung bergerak untuk menghancurkan musuh.

Pada awal-awal ditemukannya internet, ARPANET hanya bisa menghubungkan 4 situs aja, yaitu Stanford University of California, Research Institute, University of Utah, dan Santa Barbara, yang mana mereka membuat suatu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum diperkenalkan ke publik oleh ARPANET pada bulan Oktober 1972.

Tak lama setelah itu, proyek ini dilirik oleh berbagi universitas di negara tersebut sehingga proyek yang digarap oleh ARPANET berkembang dengan pesat yang mengakibatkan ARPANET kesulitan dalam manajemennya.

Banyaknya permintaan yang ingin mengembangkan internet, akhirnya ARPANET dibagi menjadi dua, yaitu “ARPANET” dan “MILNET”.

ARPANET fokus menagani non militer seperti universitas, perusahaan, dll. Sedangkan MILNET fokus mengurusi keperluan militer. Dari keduanya, bergabunglah antara jaringan tersebut yang sekarang dikenal dengan nama DARPA internet, yang kemudian sekarang dikenal dengan nama

Runtutan Sejarah Internet

 runtutan sejarah internet

Tahun 1957. Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.

Tahun 1958. Sebagai efek dari “kalahnya” Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, kemudian dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika, yaitu Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika nantinya mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.

Tahun 1962. J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer dapat saling dihubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data yang ia punyai. Pada tahun ini juga (1962) RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang bertujuan untuk kebutuhan militer.

Awal 1960-an. Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.

Pertengahan 1960-an. ARPANET dikembangkan oleh ARPA untuk mempromosikan “Cooperative Networking of Time-sharing Computers”, dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni University of California, Stanford Research Institute, University of Utah, Los Angeles, University of California dan Santa Barbara.

Tahun 1965. Istilah “Hypertext” dikeluarkan oleh Ted Nelson.

Tahun 1968. Jaringan Tymnet dibuat.

Tahun 1971. Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri dari komputer-komputer yang digunakan untuk riset milik pemerintah Amerika dan universitas.

Tahun 1971. Ray Tomlinson sukses menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu (1972) untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, ikon “@” juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”.

Tahun 1972. Sebuah kelompok kerja yang disingkat INWG (International Network Working Group) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer serta membuat standar-standar pada jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian Vint Cerf dikenal sebagai “Bapak Internet”.

Tahun 1972-1974. Beberapa layanan basis data komersial seperti SDC Orbit, Dialog, The New York Times DataBank, Lexis, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.

Tahun 1973. ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah dengan masuknya beberapa universitas dari luar Amerika yakni Royal Radar Establishment di Norwegia dan University College of London dari Inggris. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun itu pula, dua orang ahli komputer yakni Bob Kahn dan Vinton Cerf mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang nantinya menjadi cikal bakal pemikiran internet. Gagasan tersebut dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex

Tahun 1974. Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel “A Protocol for Packet Network Interconnection”.

Tahun 1974. Beranet & Newman (BBN), Bolt, pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut Telenet, Telenet sendiri merupakan layanan paket data publik pertama.

Tahun 1977. Terdapat 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.

Tahun 1978. Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Internet Protocol (TCP/IP) dan Transmission Control Protocol.

Tahun 1979. Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Jim Ellis, Steve Bellovin dan Tom Truscott alumni dari University of North Carolina dan Duke University Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis. Pada tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.

Awal 1980-an. Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia. Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung. Layanan BITNET (Because It’s Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan mailing list, e-mail, dan juga File Transfer Protocol (FTP). CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun itu oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari University of Washington, Purdue University, BBN dan RAND Corporation, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.

Tahun 1982. Istilah “Internet” pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut. Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.

Tahun 1986. Diperkenalkan sistem penamaan domain, yang sekarang lebih dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang bertujuan untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.

Tahun 1990. Merupakan tahun bersejarah dimana muncul program editor dan browser yang ditemukan oleh Tim Berners Lee. Program tersebut berguna bagi pengguna untuk menjelajahi jaringan komputer yang terhubung. program tersebut lah yang pada akhirnya diberi nama www atau Worl Wide Web seperti sekarang.

Tahun 1992. Komputer yang tersambung dan membentuk jaringan di tahun 1992 mecapai sejuta komputer. Sehingga pada tahun 1992 muncul istilah keren yaitu surfing the internet.

Tahun 1994. Pada tahun ini situs internet sudah berkembang dan tumbuh menjadi 3000 alamat halaman. pada tahun ini pula muncul e-retail atau lebih dikenal virtual-shopping di dunia internet. Bukan itu saja, pada tahun ini lahir situs Yahoo! yang melahirkan Netscape Navigator 1.0. Dimana hal tersebut memungkinkan komputer berinteraksi dengan komputer lainya secara global seperti yang kita gunakan sekarang.

Tahun 2000-an. Internet berkembang dengan pesat, hal ini bisa dibuktikkan dengan munculnya milyaran situs di dunia maya. Sehingga bisnis digital pun menjadi trend di masa kini karena perkembangan internet yang begitu pesat.

Sejarah Internet Masuk di Indonesia

awal masuknya internet di Indonesia

Sejarah internet Indonesia dimulai sejak awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal dengan paguyuban network, dimana semangat kekeluargaan, gotong royong, dan kerjasama sangat hangat dan terasa di antara para anggotanya.

Sedikit berbeda dengan suasana Internet Indonesia, pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet.

Inspirasi tulisan-tulisan awal Internet Indonesia datang dari kegiatan di amatir radio khususnya di Amateur Radio Cluc (ARC) ITB pada tahun 1986.Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.

Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada tanggal 24 Juni 1988. Onno W. Purbo, Muhammad Ihsan, RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar dan Adi Indrayanto, merupakan beberapa nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994.

Tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat kita lihat di berbagai artikel artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB pada tahun 1989 dan juga di media cetak seperti KOMPAS dengan judul “Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio” yang terbit pada bulan November 1990.

Di sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet.

Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, kebetulan ayah dari Sanjaya merupakan dosen UI. Akses awal di IndoNet mula-mula memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine serta chatting dengan conference pada server AIX. Tahun 1995, pemerintah Indonesia melalui Departemen Pos Telekomunikasi menerbitkan ijin untuk ISP yang diberikan kepada IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya dan Radnet pimpinan BRM. Roy Rahajasa Yamin.

Sejak tahun 1995 beberapa BBS (Bulletin Board System) di Indonesia misal Clarissa telah menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di Amerika Serikat, maka pemakai Internet di Indonesia dapat akses Internet (HTTP).

 

 

 

 

Sumber :

https://informazone.com/sejarah-internet/

http://www.markijar.com/2015/07/sejarah-dan-perkembangan-internet-di.html

http://nikenlarasati9428.blogspot.com/p/sejarah-internet.html

https://www.kompasiana.com/sabil_28/59cbe292d0e3ed36662a0362/sejarah-internet-di-dunia-dan-indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

August 20

Pengaruh Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Hasil gambar untuk dampak negatif it

Teknologi Informasi sudah sangat merajalela dalam kehidupan sehari-hari, bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang sudah sibuk dengan teknologi informasi, contohnya saat kita melihat sekitar kita, semua orang sibuk dengan teknologi informasi seperti smartphone, laptop dan sejenisnya untuk melakukan segala aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Kemajuan teknologi informasi tidak bisa dihindari karna kemajuan teknologi informasi berjalan seiring dengan kebutuhan manusia. Akan tetapi teknologi informasi dapat mempengaruh manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Pengaruh teknologi informasi dapat mempengaruhi manusia kearah positif dan dapat mempengaruhi manusia kearah negatif tergantung manusia itu sendiri dalam menggunakan teknologi informasi untuk suatu hal.

Dampak Positif

Gambar terkait

  • Memandang dunia dengan lebih luas. Teknologi informasi dapat memudahkan kita dalam mendapatkan informasi mengenai dunia yang lebih luas, contohnya dengan teknologi informasi kita bisa mendapatkan informasi yang sedang update di suatu negara atau di suatu daerah tertentu
  • Memudahkan dalam berkomunikasi. Kita mengetahui bahwa kehidupan tak pernah luput dari silaturahmi dan komunikasi, dengan adanya teknologi informasi manusia bisa melakukan komunikasi dengan sangat mudah, contohnya dengan teknologi informasi seperti smartphone, seseorang dapat dengan mudah berkomunikasi, sehingga seseorang yang jauh pun terasa lebih dekat
  • Memudahkan dalam mengerjakan tugas dan pekerjaan. Adanya teknologi informasi seseorang bisa medapatkan apa yang seseorang itu inginkan seperti dalam mengerjakan tugas dan pekerjaannya. Contohnya adalah kita mendapatkan layanan bank dengan sangat mudah dan ini sangat membantu dalam pekerjaan online shop, sehingga membuka kemungkinan untuk berbelanja dan berjualan melalui internet
  • Menyediakan informasi umum yang dapat menambah wawasan
  • Dengan internet dapat menghemat biaya dan tenaga yang dikeluarkan bila dibandingkan dengan bertukar informasi melalui pos surat
  • Munculnya berbagai jenis jejaring sosial dari adanya teknologi informasi
  • Dapat dengan mudah mencari informasi tentang suatu hal melalui internet
  • Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penjualan
  • Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak
  • Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lai

Dampak Negatif

Hasil gambar untuk dampak negatif teknologi informasi

  • Pemanfaatan jasa komunikasi oleh teroris
  • Penggunaan teknologi informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu, contohnya seseorang yang membuka situs porno yang bisa merusak moral bangsa
  • Teknologi informasi digunakan  untuk kejahatan seperti hacker yang ingin membobol bank dan menyadap suatu daerah untuk kepentingan tertentu
  • Munculnya kejahatan baru, misalnya penipuan dengan cara memanipulasi data pada rekening bank, pencurian informasi berharga melalui sabotase jaringan informasi, virus komputer, dan juga penyadapan email
  • Pelanggaran terhadap hak-hak privasi
  • Pembajakan lagu dan film
  • Penyebaran hal-hal mengenai pornografi semakin cepat
  • Munculnya budaya plagiarisme
  • Dengan mudahnya informasi dicetak ulang tanpa izin dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya
  • Dengan semakin mudah berbelanja lewat internet kita dapat meningkatkan budaya konsumsi yang menimbulkan sifat boros
  • Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu langsung
  • Dari perubahan sifat sosial tersebut mengakibatkan pola perubahan pada interaksi
  • Meluasnya perjudian

 

Sumber :

https://rahmatarifpinnugraha.wordpress.com/2016/04/08/pengaruh-perkembangan-teknologi-informasi-terhadap-masyarakat/

https://anwaltasbiansah.wordpress.com/2016/04/08/dampak-teknologi-informasi-dalam-kehidupan-masyarakat-sehari-hari/

https://www.temakita.com/dampak-positif-dan-negatif-teknologi-informasi

http://school.bsi.ac.id/2016/02/15/dampak-negatif-dari-kemajuan-iptek/

http://oktavianaprimadany23.blogspot.com/2016/03/dampak-positif-dan-negatif-teknologi.html

 

 

August 20

Sejarah dan Perkembangan Komputer

SEJARAH KOMPUTER

Hasil gambar untuk gambar komputer

Sejarah komputer diawali dengan penemuan penting dari Charles Babbage berupa alat hitung. Berkat penemuannya itu, ia dikenal sebagai ilmuwan yang paling berpengaruh dalam perkembangan komputer. Kemudian, alat hitung tersebut dikembangkan lebih lanjut secara bertahap hingga kini terciptalah perangkat canggih yang bernama komputer.

Definisi komputer sendiri yaitu komputer adalah suatu barang atau mesin yang dapat menghitung elektronik secara cepat dan menerima input secara digital. Bahasa komputer bermula dari bahasa latin yaitu computare yakni artinya menghitung.

Perkembangan sejarah komputer telah mengalami masa-masa sulit. Namun, berkat tangan-tangan andal dari para ilmuwan dan teknisi pada waktu itu, perkembangan dari generasi ke generasi terasa begitu mudah dan terorganisir. Komputer terus dikembangkan dengan menyisipkan inovasi-inovasi terbaru. Hingga kini, beberapa perusahaan ternama tengah menggarap komputer berteknologi tinggi dengan nama komputer masa depan.

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

Hasil gambar untuk PERKEMBANGAN KOMPUTER

Komputer merupakan perangkat yang sangat penting saat ini untuk membantu menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Selain itu, ukuran komputer yang sekarang membuat komputer menjadi mudah untuk dibawa-bawa. Namun bila kita melihat ke beberapa dekade yang lalu mengenai sejarah komputer beserta perkembangannya, yang mana pada saat itu tidak secanggih yang sekarang, ukurannya pun terbilang sangat besar dan berat.

Sejarah dan perkembangan komputer dibagi menjadi lima generasi, tiap generasi ditetapkan berdasarkan teknologi pengembangan yang digunakan untuk membuat komputer tersebut beroperasi. Dalam setiap perkembangannya, dihasilkan komputer yang lebih kecil, murah, efisien, dan tangguh.

Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)

Tabung Vakum

komputer generasi pertama

Perangkat komputer yang pertama kali dikembangkan adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman. Kemudian, pada pertengahan 1940-an, komputer tersebut mengalami perkembangan lebih lanjut yang dilakukan oleh John von Neuman.

Komputer generasi ini memiliki kemampuan yang terbatas untuk memecahkan suatu masalah dalam satu waktu. Untuk melakukan input digunakan kartu berlubang (punched cards) dan pita kertas. Output yang dihasilkan adalah sebuah print-out. Meski dengan fungsi yang sangat terbatas, namun biaya pembuatan komputer generasi ini terbilang fantastis, yaitu sekitar satu juta dollar.

ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer merupakan salah satu contoh dari komputer generasi pertama yang dibuat oleh Mauchly dan Echert. ENIAC menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1.800 kaki persegi dan berat hingga 30 ton.

Ciri-ciri komputer generasi pertama :

  • Mengeluarkan uap panas secara berlebihan
  • Menggunakan daya listrik yang cukup besar
  • Proses relatif lambat
  • Menggunakan CPU (Central Procces Unit). CPU yang terdapat dalam komputer generasi I merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem dalam komputer
  • Ukuran bentuk komputer sangat besar
  • Program menggunakan bahasa mesin, yang merupakan bahasa pemrograman yang paling dasar yang hanya dapat dipahami oleh komputer
  • Daya penyimpanan relatif kecil

Komputer Generasi Kedua (1959 – 1965)

Transistor

sejarah komputer

Pada generasi ini, ditemukan transistor, yaitu suatu alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua. Pada 1960-an, para ilmuwan mencoba menggarap komputer generasi kedua.

Beberapa intansi, perusahaan, universitas, serta pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Inti dari penemuan generasi II ini adalah transistor, yang membuat komputer generasi kedua berukuran lebih kecil daripada komputer generasi pertama.

Ciri-ciri komputer generasi kedua :

  • Adanya penggunaan transistor
  • Kapasitas Pennsylvanian memori lebih banyak
  • Daya listrik lebih kecil ketimbang generasi pertama
  • Proses pengoperasian menjadi lebih cepat
  • Ukuran bentuk lebih kecil ketimbang generasi pertama

Komputer Generasi Ketiga (1965 – 1971)

Sirkuit Terintegrasi

komputer generasi ketiga

Dalam pemakaiannya, transistor membuat komputer lebih cepat panas. Dengan demikian, komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian seorang ilmuwan bernama Jack Billy mencoba melakukan penelitian. Kemudian pada 1958, ia menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor yang membuat komputer menjadi cepat panas. Komponen tersebut adalah IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu.

Dengan begitu, ukuran komputer menjadi lebih kecil. Komputer generasi ketiga juga lebih cepat disektor sistem operasi dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga :

  • Penggunaan tidak terlalu panas
  • Penggunaan proses lebih cepat
  • Bentuk ukuran efisien dan lebih kecil
  • Mampu menjalankan program secara bersamaan

Komputer Generasi Keempat (1971 – Sekarang)

Microprosesor

perkembangan komputer
Pada generasi ini, komputer yang menggunakan IC chip kemudian dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba melakukan pengembangan tersebut pada tahun 1980-an. Hasilnya, satu chip tunggal dapat menampung ribuan komponen. Dari sinilah, istilah “personal computer” atau PC muncul. Artinya, perangkat komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Tak berhenti sampai disitu, mulai muncul juga perangkat komputer yang mudah dibawa ke mana-mana, yaitu laptop.

Ciri-ciri komputer generasi keempat :

  • Memakai LSI (Large Scale Intgration)
  • Peningkatan kinerja proses, dimana kinerja proses menjadi lebih cepat
  • Daya tampung penyimpanan kapasitasnya lebih besar
  • Bentuk dan ukuran sudah lebih kecil dan modern
  • Penggunaan daya listrik lebih hemat dari sebelumnya
  • Penggunaan perorang semakin meluas
  • Harga yang ditawarkan sudah terjangkau
  • Menggunakan visual display dan efek suara
  • Memakai IC chip yang lebih canggih

Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa Depan)

Kecerdasan Buatan

sejarah komputer

Komputer generasi kelima memiliki teknologi berdasarkan kecerdasan buatan, dan hal ini masih dalam tahap pengembangan. Tujuan dari pengembangan komputer generasi kelima ini adalah menghasilkan sebuah komputer yang mampu merespon dengan input bahasa yang kita ucapkan dan memiliki kemampuan untuk mempelajari lingkungan sekitar dan menyesuaikan dirinya sendiri.

Komputer kuantum, molekuler dan nanoteknologi menjadi kunci dari teknologi komputer generasi ini. Jadi boleh dikatakan bahwa komputer generasi ini akan memiliki kecerdasan layakanya kecerdasan pada manusia.

 

Sumber :

https://www.barisan.info/sejarah-perkembangan-komputer-dari-generasi-awal-sampai-sekarang/

https://www.utopicomputers.com/apa-itu-komputer-berikut-pengertian-dan-fungsi-komputer/

http://komputerlamongan.com/sejarah-perkembangan-komputer-dari-awal-sampai-sekarang/sejarah-perkembangan-komputer/

http://komputerflas.blogspot.com/2014/05/sejarah-perkembangan-komputer.html